Mengenali Pergerakan Bayi Anda Selama Kehamilan

Pertama kali anda merasakan gerakan si kecil dalam perut bisa merupakan pengalaman yang paling membahagiakan dalam waktu kehamilan. Sangat mengagumkan memikirkan apa yang dia lakukan didalam sana

Kapan saya Bisa Mulai Merasakan Gerakan Pertama Bayi Saya ?

Anda mungkin akan mulai menyadari gerakannya pada sekitar 18 – 20 minggu dari umur kehamilan anda. Jika ini adalah kehamilan pertama anda, maka anda akan membutuhkan waktu agar lebih peka untuk menyadari bahwa gerakan kecil didalam perut anda itu adalah gerakan si kecil. Namun jika anda pernah hamil sebelumnya, tentunya anda lebih berpengalaman dalam merasakan hal ini, dan bisa mulai merasakan gerakannya bahkan sejak usia kehamilan 16 minggu.

Mengenali Pergerakan Bayi Anda Selama Kehamilan

Namun, bila anda belum merasakan gerakan apapun dari bayi anda sampai usia kehamilan 24 minggu, segera temui bidan anda. Bidan akan mendengarkan detak jantung bayi anda, atau menjadwalkan untuk melakukan USG untuk mengetahui keadaan bayi anda.

Apa Yang Bayi Saya Lakukan Didalam Sana?

USG dapat memberikan gambaran serta deteksi dini tentang apa yang si kecil lakukan dan kapan dia melakukannya. Bayi anda akan mulai bergerak jauh sebelum anda bisa merasakannya, dan tipe gerakannya pun akan berubah dan berganti seiring dengan pertumbuhannya.

Jika anda beruntung, anda bisa menemui bayi anda sedang bangun saat anda melakukan USG, sehingga anda bisa melihat dan merasakan setiap gerakan yang dia lakukan.

  • Pada usia 7 – 8 minggu bayi anda akan mulai melakukan gerakan kecil atau melakukan gerakan kecil yang tiba-tiba.
  • Pada 9 minggu dia bisa cegukan, dan menggerakan tangan dan kakinya, serta bisa mulai menghisap dan menelan.
  • Pada 10 minggu, dia bisa menggerakkan kepalanya, menggerakan tangan untuk menyentuh mukanya, serta membuka dan menutup mulutnya.
  • Pada 12 minggu, dia sudah bisa menguap dan menggeliat.
  • Pada 14 minggu, dia mulai bisa menggerakan matanya.
  • Pada 15 minggu, dia bisa menghisap jempol tangan dominannya. Jika anda beruntung melihat hal ini saat USG, anda bisa mengetahui apakah dia adalah tipe bertangan kidal atau tidak

Pada akhirnya, gerakan bayi anda akan menjadi semakin kuat untuk anda bisa merasakannya. Awalnya mungkin akan terasa seperti hembusan, gesekan atau sensasi gerakan. Kadang akan terasa seperti ada gelembung didalam perut anda. Dan tak berapa lama kemudian, anda akan mulai merasakan dia mendorong atau bahkan menendang dengan kakinya.

Bayi anda tidak akan selalu bergerak. Ada kalanya dia akan tidur dan beristirahat. Jadi jangan khawatir bila anda tidak mendapatkan dia bergerak saat melakukan USG, karena mungkin dia tidur sebentar. Menjelang akhir dari kehamilan anda, bayi anda akan beristirahat dan tidur lebih lama, jadi anda mungkin tidak akan menyadari setiap gerakannya.

Berapa Tendangan Yang Bisa Saya Rasakan Setiap Harinya?

Tidak ada jumlah pasti dari jumlah tendangan yang akan anda rasakan, dan anda tidak perlu menulis atau mencatat berapa banyak gerakan bayi anda. Yang penting dia sehat dan tumbuh dengan baik, adalah prioritas utama.

Cobalah untuk mengenali irama dan pola dari gerakan bayi anda. Saat kehamilan anda berlanjut, akan semakin mudah bagi anda untuk mengenali pola gerakannya. Setiap bayi punya pola dan waktu bangun dan tidur sendiri, dan ini akan sangat membantu anda mengenali kapan dia bangun dan tidur didalam perut anda.

Jika anda mendapati perubahan pada pola atau ritme gerakan dari si bayi pada suatu saat, segera langsung kontak dan periksakan ke bidan atau dokter kandungan sehingga mereka bisa segera mendeteksi bila ada sesuatu yang tidak beres dengan bayi anda.

Saya Tidak Merasakan Tendangan Bayi Saya, Apakah Saya Harus Merasa Cemas?

Bila anda belum berkonsentrasi untuk merasakan sensasi ini, maka bisa jadi anda telah melewatkannya. Untuk membantu anda fokus untuk merasakan gerakan bayi anda, tidurlah dengan menghadap ke kiri dengan memberikan alas yang nyaman pada perut dan pinggang anda.

Diamlah selama beberapa jam maka dalam beberapa jam tersebut, anda akan merasakan setidaknya 10x gerakan si kecil. Anda akan lebih mudah merasakan gerakan bayi anda bila anda berbaring dari pada duduk, dan anda mungkin tidak akan menyadari gerakannya bila anda sedang berdiri.

Berikut ini cara untuk memancing gerakan si kecil didalam perut anda:

  • Duduklah setengah merebah, dan ngemil lalu relak. Bayi anda akan lebih banyak tidur bila anda banyak bergerak dan akan lebih banyak bangun bila anda duduk diam atau sedang rileks dan makan.
  • Minumlah air dingin. Bayi anda akan merasakan perubahan suhu didalam perut anda saat air dingin melewati lambung anda dan akan bergerak meresponnya. Air dingin akan langsung dihangatkan oleh lambung begitu masuk, jadi hal ini tidak berbahaya. Minum minuman yang manis, juga akan memberikannya dorongan untuk bergerak karena akan memberikannya tenaga.
  • Anda bisa juga memberikan music dengan menempelkan headphone ke perut anda. Jika dia bergerak dan merespon, maka bisa jadi dia baik baik saja.
  • Namun tetap amati pergerakannya mulai sekarang, dan segera hubungi bidan atau dokter bila terjadi keanehan padanya.

Kapan Saya Harus Menemui Bidan atau Dokter ?

Segera kontak bidan atau dokter secepatnya bila anda menemui tanda tanda berikut ini. Sangat penting untuk segera melakukannya dan tidak menundanya bila :

Tags: kapan bayi bergerak dalam perut kehamilan 4 bulan