Cara Mencegah Kehamilan Tanpa KB Setelah Berhubungan

6 Cara Efektif Dan Alami Untuk Mencegah Kehamilan Tanpa KB

Posted on

Cara mencegah kehamilan tanpa KB secara alami setelah berhubungan memang tidak mudah. Dibutuhkan ketelatenan untuk melakukannya agar tidak terjadi kehamilan oleh pasangan suami istri yang sudah melakukan. Meski begitu, penundaan kehamilan secara alami ini juga memiliki beberapa kelebihan dibanding sistem KB yang biasa digunakan.

Banyak sekali alat yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan. Namun nyatanya program KB juga sering kali menyebabkan efeksamping bagi wanita atau pria. KB yang berkaitan dengan hormon dapat mempengaruhi bentuk tubuh karena memicu kenaikan berat badan. Sedangkan KB dengan alat kontra sepsi pria dinilai mengurangi kenikmatan ketika melakukan hubungan bersama pasangan. Oleh karena itu, banyak yang beralih ke metode KB alami untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Kelebihan KB secara alami

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari pencegahan kehamilan secara alami:

  • Dari pihak sang wanita tidak perlu ribet mengonsumsi pil/obat untuk mencegah terjadinya kehamilan. Sebab ketika sang wanita lupa tidak mengonsumsi pil KB, maka berisiko tinggi terjadi kehamilan.
  • Sang suami tidak perlu menggunakan alat tertentu untuk menunda kehamilan. Sebab penggunaan alat kontra-sepsi pada pria dinilai mengurangi kenyamanan dan kenikmatan bersama pasangan. Bahkan, beberapa orang juga mengalami alergi pada bahan lateks sehingga memicu gangguan.
  • Tidak harus melakukan prosedur operasi tertentu. Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa KB secara alami ini tentu lebih mudah.
  • Tidak membutuhkan biaya apapun sehingga relative lebih murah. Jadi lebih disukai karena tidak harus mengeluarkan biaya.
  • Cara alami pencegahan kehamilan setelah berhubungan jauh lebih aman untuk jangka panjang karena tidak memiliki efeksamping apapun pada kesehatan tubuh.

Baca Juga : Bagaimana Mengetahui Perkembangan Janin Pada Usia Hamil 6 Minggu ?

Cara alami mencegah kehamilan setelah berhubungan

  1. Metode sistem kalender, Cara yang paling umum digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan bagi pasangan suami istri yaitu dengan menggunakan metode sistem kalender.Metode ini sendiri memiliki tingkat keberhasilan hingga 80%. Jadi tak ada salahnya jika bunda akan mencoba sistem kalender untuk mengatur jarak kelahiran anak bunda. Metode kalender bisa efektif karena dilakukan dengan mengetahui masa subur pada sang wanita.Masa subur pada wanita umumnya diketahui dengan mengurangi 18 hari dari siklus menstruasi hari pertama menstruasi. Cara ini berguna untuk mengetahui hari awal dari masa subur. Kemudian untuk mengetahui hari akhir dari masa subur yaitu dengan mengurangi 11 hari dari hari terakhir siklus menstruasi.Cara ini bisa digunakan untuk mengetahui masa subur sehingga bisa dihindari ketika akan melakukan bersama pasangan bunda. Jadi, kemungkinan terjadi kehamilan saat melakukan di luar masa subur lebih sedikit.
  2. Ejakulasi di luar organ penting wanita (v461n4), Cara ini mungkin sering dilakukan oleh pasangan suami istri pada umumya. Di karenakan dengan cara ini alami dan tanpa efek samping bagi pasangan suami istri.Cara lain yang dapat mencegah kehamilan secara alami adalah dengan mengeluarkan cairan laki-laki  di luar organ penting wanita (v461n4). Hal ini agar cairan laki-laki tidak masuk ke dalam rahim wanita sehingga tidak terjadinya pembuahan pada sel telur.
  3. Menggunakan alat kontrasepsi (K0nd00m), Nah cara ini sering juga dilakukan oleh suami istri, namun dari sisi kepuasan atau puncak orgasme dalam hubungan badan sangat tidak nyaman bagi istri maupun suami di karenakan tidak menemukan orgasme yang maksimal. Tapi tidak salah juga untuk menggunakan alat ini sebagai alat untuk mecegah kehamilan.
  4. Memberikan ASI Ekslusif, Alternatif lain untuk mencegah kehamilan adalah memberikan ASI Ekslusif kepada bayi bunda. Di karenakan memberikan ASI Ekslusif salah satu cara menghambat ovulasi dan menstruasi pada bunda yang baru melahirkan. Metode ini kurang efektif karena bunda bisa saja mengalami ovulasi dan memasuki masa subur tanpa bunda sadari sebelumnya.
  5. Cek suhu tubuh basal, Metode ini juga sering dilakukan oleh pasangan suami istri dengan mengecek suhu dasar yang artinya ketika tubuh bunda dalam keadaan sepenuhnya istirahat ovulasi akan menyempit. Bunda bisa mengecek menggunakan alat pengukur suhu tubuh (termometer) yang khusus untuk metode ini. Ketika suhu bunda meningkat itu tandanya masa ovulasi bunda telah dimulai. Artinya bunda tidak di sarankan untuk berhubungan badan pada masa tersebut.
  6. Konsumsi ramuan kunyit, Nah yang terakhir adalah dengan menggunakan ramuan kunyit, caranya cukup mudah untuk bunda buat , berikut ini resepnya:
    1. Sediakan 2 batang kunyit
    2. Kunyit di panggang selama 2-3 menit saja
    3. Setelah itu tumbuk sampai halus dan merata
    4. Tambahkan garam 1/4 sendok teh dan  segelas air
    5. Terakhir, aduk sampai merata dan di saring lalu bunda minum selama 1 minggu.

Kehamilan merupakan anugerah dari Sang Pencipta. Sekuat apapun bunda mencegahnya, jika Sang Maha Kuasa berkehendak maka bunda tidak bisa menolaknya. Cara mencegah kehamilan tanpa KB setelah berhubungan secara alami tanpa KB ini hanya bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan.

Demikian ulasan ini kami rangkum, semoga bermanfaat bagi bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *