menghitung masa subur wanita

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil ?

Jika saat ini bunda dan pasangan sedang berencana untuk segera memiliki anak, maka hal penting yang wajib diketahui adalah cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil. Sebab, dengan cara ini seorang pasangan dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan sehingga peluang terjadinya pembuahan lebih besar.

Masa subur dinilai sebagai kondisi paling siap seorang wanita untuk proses terjadinya kehamilan. Karena pada masa inilah proses ovulasi sel telur sedang berlangsung, yaitu sel telur matang keluar dari ovarium menuju tuba falopi dan siap untuk dibuahi.

Cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil sebenarnya bukan perkara yang sulit. Terlebih sekarang ini sudah ada aplikasi canggih untuk menghitung masa subur yang bernama “kalkulator masa subur”. Aplikasi semacam ini bisa didapat secara gratis dari internet, atau bisa didownload langsung melalui appstore di smartphone bunda.

Dengan aplikasi ini bunda dapat mengetahui cara menghitung masa subur online setelah menstruasi dengan cepat dan mudah. Hanya dengan memasukkan angka-angka sederhana, periode masa subur bunda sudah dapat diketahui dengan jelas.

Selain cara di atas, untuk mengetahui kapan masa subur wanita terjadi, bunda juga dapat menghitungnya secara manual dengan cara yang cepat dan mudah, dengan hasil yang cukup akurat. Berikut adalah caranya.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita agar Cepat Hamil

Menghitung masa subur dengan rumus matematis

Cara ini digunakan khusus untuk wanita yang memiliki siklus haid teratur. Puncak masa subur terjadi pada hari ke 14, atau 13 hari setelah tanggal menstruasi pertama. Sebagai contoh, misalkan haid pertama terjadi tanggal 10, maka puncak masa suburnya adalah tanggal 23. Sedangkan untuk 3 hari sebelum dan sesudahnya adalah masa subur biasa. Jadi periode masa subur bunda dimulai dari tanggal 20 sampai tanggal 26.

Cara menghitung masa subur wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur

Untuk yang memiliki siklus haid tidak teratur, cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil tidak bisa menggunakan rumus matematis. Sebelumnya, yang harus dilakukan adalah mencatat siklus menstruasi bunda setidaknya selama 6 bulan terakhir. Setelah itu, hitung berapa hari siklus haid terpendek dan terpanjang bunda. Jumlah hari siklus haid terpanjang dikurangi angka 11 untuk mengetahui hari terakhir masa subur bunda pada siklus haid terakhir. Sedangkan hari pertama masa subur bisa diketahui dengan cara jumlah hari siklus haid terpendek dikurangi dengan angka 18.

Contoh, bunda sudah mencatat siklus haid selama 6 bulan dan diketahui siklus terpanjang adalah 31 hari dan siklus terpendek 26 hari. Cara menghitung masa suburnya adalah 31-11=20 (akhir masa subur) dan 26-18=8 (awal masa subur). Jadi periode masa subur bunda adalah dari hari ke-8 sampai ke-20.

Tanda-tanda Wanita Memasuki Masa Subur Untuk Bunda Ketahui

Jangan cemas ya bun, Jika bunda sulit dalam menghitung masa subur bunda dengan cara menghitung siklus menstruasi, Ada alternatif lain yang bunda harus ketahui.

Berikut ini caranya :

Memperhatikan suhu basal tubuh

Suhu tubuh basal adalah di mana kondisi suhu tubuh pertama di pagi hari sebelum bunda bangkit dari tempat tidur, di saat itulah bunda harus mengukur suhu tubuh basal bunda. Disarankan bunda tidak untuk bangun atau beranjak dari tempat tidur sebelum bunda mengukur suhu basal bunda, jika bunda lakukakan maka suhu basal tubuh pasti akan berubah dan tidak merupakan suhu basal tubuh. Umunya, suhu basal tubuh rata-rata bekisar 35,5 – 36,6°C.

Catatan penting dalam memperhatikan suhu basal tubuh ini :

  • Jika suhu basal tubuh bunda naik sedikit bekisar 0,4-0,8 °C dari suhu biasanya, itu artinya tubuh bunda sudah melakukan ovulasi dalam 12 – 24 jam terakhir.
  • suhu tubuh basal selalu berubah ubah, mengikuti kadar hormon dalam tubuh bunda.
  • Suhu tubuh akan naik sedikit biasanya < 1°C  dan kembali tinggi sampai periode menstruasi.
  • Gunakan alat pengukur suhu tubuh basal ( termometer basal tubuh ).

Melihat perubahan lendir pada mulut rahim

Umunya, selama masa ovulasi, lendir pada mulut rahim bunda akan memiliki tekstur yang  berbeda-beda diantaranya lebih elastis, transparan, dan licin, seperti putih telur. Tekstur yang seperti ini dapat membantu sp3rm4 berenang untuk mencapai sel telur bunda. Saat tekstur lendir pada mulut rahim seperti ini, artinya bunda berada pada masa subur.

Ketegangan mulut rahim yang berubah

Perlu di cek ketegangan pada mulut rahim, apakah  mulut rahim terasa lebih lembut, lebih tinggi atau lebih terbuka sehingga dapat memberikan kesempatan sp3rm4 untuk  masuk ke dalam mulut rahim sehingga terjadinya pembuahan pada sel telur. Selama ovulasi mulut rahim biasanya sulit untuk dibedakan. Umumnya, sebagian besar wanita membutuhkan beberapa waktu untuk membedakan kondisi mulut rahim yang normal dan kondisi mulut rahim yang sedang memasuki masa ovulasi. Bunda sering memerikas mulut rahim setiap harinya dengan menggunakan 1 jari bunda ataupun 2 jari untuk menemukan perbedaanya.

Tanda Lainnya

Selain tanda-tanda di atas bunda juga bisa mengeceknya dengan tanda-tanda sebagai berikut ini :

  • Hasrat ingin (bergaul) dengan suami meningkat
  • Perut terasa kembung
  • Keputihan sangat banyak saat keluar
  • Sering kram pada pinggul
  • Aroma tubuh yang segar

Itulah beberapa tips menghitung masa subur wanita yang kami rangkum dari berbagai sumber untuk bunda ketahaui. Semoga tips ini bermanfaat untuk bunda dan kami doakan semoga bunda cepat mendapatkan momongan.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share ya bun.

Leave a Comment